Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 84 Mengimani Semua Kitab Allah
Senin, 7 Agustus 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 84 – Mengimani Semua Kitab Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 16 Muharram 1445 H / 3 Agustus 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 84 – Mengimani Semua Kitab Allah

قُلْ آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنزِلَ عَلَيْنَا وَمَا أُنزِلَ عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَالنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

“Katakanlah: ‘Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan antara salah satu dari mereka dan kami tunduk kepadaNya.`” (QS. Ali ‘Imran[3]: 84)

Di sini Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk berkata dan mengumumkan kepada manusia tentang keimanan kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Yaitu beriman kepada Allah sebagai Rabb dan sebagai sesembahan yang berhak diibadahi. Ini mencakup beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan seluruh jenis tauhidnya. Masuk di dalamnya tauhid rububiyah, uluhiyah dan asma’ wa shifat. Semuanya masuk dalam firman Allah: “Katakanlah, kami beriman kepada Allah.”

Beriman kepada Allah ‘Azza wa Jalla merupakan salah satu rukun iman. Rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ, وَمَلاَئِكَتِهِ, وَكُتُبِهِ, وَرُسُلِهِ, وَالْيَوْمِ الآخِرِ, وَ تُؤْمِنَ بِالْقَدْرِ خَيْرِهِ وَ شَرِّهِ

“Engkau beriman kepada Allah, kepada para malaikatNya, kepada kitab-kitabNya, para RasulNya, hari akhir dan kau beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.” (HR. Muslim)

Lihat: Hadits Arbain Ke 2 – Pengertian Islam, Iman dan Ihsan

Al-Qur’an surah Ali Imran Ayat 84 ini menerangkan tentang keimanan terhadap semua kitab yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada para RasulNya. Baik yang kita ketahui atau yang belum kita ketahui. Di antara yang kita tahu namanya adalah Taurat, Injil, Zabur, Al-Qur’an, Suhuf Ibrahim dan Musa. Inilah yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Dan kita pun beriman kepada apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak sebutkan namanya dalam kitab-kitabNya.

Barangsiapa yang beriman kepada sebagian kitab tapi mengkufuri kitab yang lain, maka artinya dia telah kufur kepada semua Kitab. Kaum Yahudi dan Nasrani mengklaim beriman kepada Taurat dan Injil akan tetapi mereka kufur terhadap Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an adalah kitab yang paling agung. Maka maknanya mereka kufur terhadap Taurat dan Injil yang mereka klaim bahwa mereka itu beriman kepada keduanya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53138-tafsir-ali-imran-ayat-84-mengimani-semua-kitab-allah/